PERILAKU ONLINE PADA PEREMPUAN MILENIAL DI ERA PANDEMIC
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpb.v4i2.101Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan reference group terhadap keputusan pembelian online produk fashion Shopee. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan perempuan generasi milenial di Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan sampel penelitian sebanyak 100 responden. Pengumpulan data melalui kuesioner dan analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa online customer review dan reference group secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Faktor tertinggi yang memengaruhi keputusan pembelian online adalah online customer review. Untuk meningkatkan keputusan pembelian online di Shopee, disarankan bagi pihak Shopee untuk mempertahankan fitur online customer review dan bagi penjual di Shopee agar dapat mengelola review produk dengan baik.
Kata Kunci: Online Customer Review, Reference Group, dan Keputusan Pembelian Online