DIFERENSIASI PELAYANAN DAN CITRA PADA USAHA JASA TRAVELDALAM MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING
Keywords:
Diferensi, Pelayanan, Citra, Keunggulan Bersaing, StrategiAbstract
Abstrak
Persaingan dalam dunia bisnis travel pada saat ini mengalami peningkatan yang signifikan dengan banyaknya masyarakat yang berpergian mengunakan travel. Hal ini mendorong perusahaan jasa travel untuk menetapkan strategi untuk mencapai keunggulan bersaing. Salah satu strategi dalam keunggulan bersaing adalah diferensiasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisi pengaruh diferensi pelayanan dan citra terhadap keunggulan bersaing. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 110 sampel digunakan dalam studi ini pada penumpang Travel RAMA Trans di Bandar Lampung. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh diferensi pelayanan dan citra secara parsial dan simultan terhadap keunggulan bersaing. Diferensiasi dapat menjadi pilihan strategi bersaing yang digunakan oleh usaha jasa travel. Perlu pengembangan lebih lanjut pada aspek harga sebagai variabel yang memoderasi kekuatan pengaruh diferensiasi terhadap keunggulan bersaing.
Kata kunci: Diferensi, Pelayanan, Citra, Keunggulan Bersaing, Strategi
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Perspektif Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.