PERSPEKTIF HALAL DAN SOSIAL MEDIA PADA PEMBELIAN KOSMETIK

Authors

  • Larassanti Eka Putri Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung
  • K. Bagus Wardianto Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung
  • Ghia Subagia Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpb.v3i1.13

Keywords:

halal, advertisement, social media, purchase decision

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran logo halal dan iklan media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian produk kosmetik.  Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen wanita yang menggunakan kosmetik Wardah di Bandar Lampung, dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner, dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran logo halal, dan iklan media sosial Instagram berpengaruh signifikan secara parsial maupun silmultan terhadap keputusan pembelian kosmetik. Kehalalan dapat menjadi branding yang semakin kuat, jika didukung dengan promosi melalui media sosial, yang mampu menjangkau segmentasi pasar yang lebih luas terhadap produk lokal.

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of Awareness of the Halal Logo and Instagram Social Media Ads on Wardah Cosmetics Purchasing Decisions. This type of research used in this research is explanatory research with a quantitative approach. The population in this study is female consumers who use Wardah cosmetics in Bandar Lampung. The sampling technique uses purposive sampling with a sample of 100 respondents. The data was obtained from a questionnaire using a Likert scale. The results of this study explain that Awareness of the Halal Logo, and Instagram Social Media Ads significantly influence Wardah Cosmetics Purchasing Decisions. Simultaneous testing results showed that Halal Logo Awareness and Instagram Social Media Ads had a significant effect on Wardah Cosmetics Purchasing Decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

01-06-2020