PENGARUH LABEL HALAL, BEAUTY VLOGGER, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpb.v5i1.131Keywords:
Label Halal, Beauty Vlogger, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the influence of halal labeling, Beauty Vlogger and product quality on Safi beauty product purchasing decisions. The type of study used in this study is a descriptive study using a quantitative approach in the form of case studies. The user population is women living in Bandar Lampung with 100 respondents from consumers of Safi products. Sampling was determined by purposive sampling method. Data were analyzed using multiple linear analysis test with SPSS 28 program test tool. Based on the results of the research and data analysis, it was shown that the halal label variable had no significant or very small impact on 17.6% of purchasing decisions. Beauty vlogger variables have a 29.3% positive and significant impact on purchasing decisions, and product quality has a 44.4% positive and significant impact on purchasing decisions. At the same time, halal labels, cosmetology bloggers and purchase decisions have a positive and significant impact of 58.1% on purchase decisions. So that these three variables can improve purchasing decisions for Safi's beauty products.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Label Halal, Beauty Vlogger, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Safi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif berupa studi kasus. Populasi yang digunakan yaitu wanita yang berdomisili di Bandar Lampung dengan 100 responden yang merupakan konsumen prosuk Safi. Pengambilan sampel ditentukan dengan metode sampling purposive. Data dianalisis menggunakan uji analisis linier berganda dengan alat uji program SPSS 28. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, pengaruh variabel label halal terhadap keputusan pembelian yaitu tidak signifikan atau sangat kecil, dengan tingkat pengaruh sebesar 17,6%.Variabel beauty vlogger berpengaruh positif dan signifikan sebesar 29,3% terhadap keputusan pembelian dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 44,4%. Secara simultan label halal, beauty vlogger, dan keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 58,1%. Sehingga ketiga variabel tersebut dapat meningkatkan keputusan pembelian terhadap produk kecantikan Safi.