TIKTOK DAN REVIEW KONSUMEN: PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpb.v5i2.133Keywords:
Media Sosial, TikTok, Consumer Review, Keputusan Pembelian, Social Media, Purchasing DecisionAbstract
Social media marketing initiatives are a crucial component of current corporate operations. This means that online consumer reviews are significant when making purchases. This study intends to examine how TikTok's social media marketing and user reviews affect consumers' purchase decisions. This study employs a quantitative approach and involves a population of Indonesian students who use TikTok. A total of 300 respondents formed up the sample, which was selected purposefully. Utilizing a Likert scale in a questionnaire. The Partial Least Square (PLS) method was used to analyse the data. The study's findings demonstrate how TikTok's social media marketing and online user evaluations link together to impact purchases. Social media affects consumer decisions due to the informative content, accessibility, and communication, as well as influencers support. While consumer reviews support the clarity of information, as well as post image support that shows the conformity of the original product appearance with the image. The prevalence of consumer review and the extensive usage of social media highlight how crucial it is to manage digital marketing effectively to generate favourable feedback that affects online consumer purchase decisions.
ABSTRAK
Kegiatan pemasaran melalui sosial media menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam aktivitas bisnis saat ini. Hal ini membuat review konsumen secara online menjadi penting dalam keputusan pembelian. Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media marketing TikTok dan online consumer review terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi mahasiswa pengguna TikTok di Indonesia. Sampel ditentukan secara purposive dengan jumlah 300 responden. Instrumen kuesioner dengan menggunakan skala likert. Data dianalisis dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing TikTok dan online consumer review secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sosial media mempengaruhi keputusan pembelian karena konten yang informatif, kemudahan dalam penggunaan dan berkomunikasi, termasuk pengaruh dari adanya kolaborasi dengan influencer. Sementara review konsumen mendukung pada kejelasan informasi, serta dukungan gambar kiriman yang menunjukkan kesesuaian tampilan produk asli dengan gambar. Kontribusi yang cukup besar dengan penggunaan sosial media dan adanya review konsumen terhadap keputusan pembelian menunjukkan pentingnya mengelola pemasaran digital dengan baik untuk mendapatkan umpan balik positif yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen secara online.