Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kepentingan Klien Terhadap Perilaku Disfungsional Audit

Authors

  • Nur Aini Wulandari Managerial Accounting Study Program, Batam State Polytechnic
  • Hajan Hidayat Managerial Accounting Study Program, Batam State Polytechnic

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpb.v5i1.141

Keywords:

gaya kepemimpinan, kepentingan klien, perilaku disfungsional audit

Abstract

Auditor merupakan profesi akuntansi bersifat independen dan profesional. Auditor bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) bertugas untuk mengaudit suatu laporan keuangan. Laporan keuangan suatu perusahaan dinyatakan tidak wajar jika tidak sesuai dengan standar dan prosedur. Perilaku tersebut dinyatakan tindakan perilaku disfungsional audit (Dysfunctional Audit Behaviour). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis gaya kepemimpinan dan kepentingan klien terhadap perilaku disfungsional audit. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik Batam. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 5 KAP dengan 34 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa gaya kepemimpinan dan kepentingan klien tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku disfungsional audit.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-05-2022