INFLUENCE MARKETING DI ERA TIKTOK: PERAN CONTENT CREATOR DAN REVIEW PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Amalia Agustina Putri Universitas Lampung
  • Hartono Universitas Lampung
  • Hani Damayanti Aprilia Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpb.v8i1.200

Keywords:

Content Creator, Online Customer Review, Keputusan Pembelian, TikTok Shop

Abstract

Perkembangan belanja online telah berkembang pesat seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di setiap tahunnya. Saat ini platform media sosial yang populer dan sering digunakan oleh para pengguna adalah TikTok. TikTok tidak hanya menawarkan konten video pendek yang menghibur dan kreatif, tetapi juga mengintegrasikan proses pembelian dalam satu aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content creator dan online customer review terhadap keputusan pembelian konsumen Skin1004 di TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel menggunakan purposive sampling dengan perhitungan rumus Cochran mendapatkan hasil 385 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner kepada konsumen Skin1004 pengguna TikTok Shop melalui media sosial, yang kemudian dianalisis menggunakan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial content creator dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Skin1004 pengguna TikTok Shop. Kemudian secara simultan content creator dan online customer review berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Skin1004 pengguna TikTok Shop.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-05-2025