PENGARUH BRAND AMBASSADOR INDONESIA DAN KOREA DALAM MENDORONG KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PLATFORM E-COMMERCE
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpb.v8i2.214Keywords:
Brand Ambassador, Keputusan PembelianAbstract
Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Brand Ambassador artis Indonesia dan Brand Ambassador artis Korea terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee. Variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini yaitu Brand Ambassador artis Indonesia (X1), Brand Ambassador artis Korea (X2) serta keputusan pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah atau sering berbelanja produk Shopee di Kota Bandar Lampung, data diperoleh dari kuesioner dengan menggunakan skala likert yang disebarkan melalui google form. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Brand Ambassador artis Indonesia secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel Brand Ambassador artis Korea secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil secara simultan variabel Brand Ambassador artis Indonesia dan Brand Ambassador artis Korea berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dalam melakukan pembelian produk pada e-commerce Shopee dengan nilai R Square sebesar 0,301 atau 30,1%.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Perspektif Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


