MENGAPA KONSUMEN MEMILIH MR. DIY? ANALISIS EMPIRIS FAKTOR HARGA, KUALITAS, PELAYANAN, DAN RAGAM PRODUK
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpb.v8i2.215Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Diversifikasi Produk, Keputusan PembelianAbstract
Perkembangan bisnis ritel di Indonesia mengalami kemajuan seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan keinginan masyarakat yang diikuti oleh perubahan perilaku konsumen yang dahulu berbelanja di pasar tradisional beralih ke pasar modern yang lebih bersih, nyaman dan tertata. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, kualitas pelayanan dan diversifikasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen MR. DIY di Bandar Lampung baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan menggunakan purposive dan accidental sampling pada 100 responden yang ditentukan melalui rumus Cochran. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan variabel harga, kualitas pelayanan, dan diversifikasi produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian MR. DIY di Bandar Lampung, sedangkan variabel kualitas produk secara parsial memiliki pengaruh secara positif tetapi tidak signifikan. Temuan ini menekankan pada kuatnya peran harga dalam membangun daya saing, serta perlunya studi lanjutan yang mengaitkan reputasi merek untuk memahami keputusan pembelian dengan lebih dalam.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
06-12-2025
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Perspektif Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


