STRATEGI EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN

Authors

  • Sabrina Aulya Rahma Suherman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sambas Ali Muhidin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Jamil Latief Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpb.v8i2.220

Keywords:

Komunikasi, Persuasif, Pelanggan

Abstract

Studi ini mengkaji efektivitas komunikasi persuasif PT. Nugraha Suci Indoretail dalam meningkatkan jumlah pelanggan melalui metode kualitatif. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana host siaran langsung menarik konsumen dengan mengadaptasi gaya komunikasi mereka di platform Shopee dan TikTok untuk mengoptimalkan interaksi pelanggan. Efektivitas strategi dinilai menggunakan analisis SWOT, IFAS, dan EFAS untuk merumuskan rekomendasi strategis. Menghadapi persaingan pasar yang ketat, penelitian ini mengidentifikasi elemen komunikasi persuasif yang efektif, meliputi penyampaian pesan menarik, pemilihan kanal tepat, dan penerapan prinsip psikologi konsumen. Melalui data kualitatif dan wawancara mendalam, riset ini mengevaluasi dampak strategi persuasif terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan komunikasi persuasif yang terintegrasi dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan dapat meningkatkan jumlah konsumen dan loyalitas mereka secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

06-12-2025